Sejarah Sekolah

Sejarah SDK Sang Timur Cakung

 

Sekolah Dasar Katolik Sang Timur Taman Modern Cakung didirikan pada tahun 1996 sebagai tanggapan atas kebutuhan masyarakat yang mendambakan pendidikan yang berciri khusus. Sudah pasti dambaan tersebut muncul dari pelbagai isu kemerosotan moral dalam pelbagai bidang kehidupan.

Menengok sejarah berdirinya SDK Sang Timur Taman Modern Cakung mengalami saat-saat buruk yang demikian mengancam. Mulai dari kesulitan tempat karena makin bertambahnya jumlah murid sampai persoalan izin operasional. Puncak dari seluruh kesulitan dialami tatkala kami harus “tunduk” pada keserakahan manusia-manusia tak bermoral dalam peristiwa hitam pada tanggal 12 dan 13 Mei 1998.

Gedung sekolah yang ketika itu masih menggunakan ruko di komplek Perumahan Taman Modern dibakar oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Peristiwa sulit tersebut sudah tentu membuat kami berpikir keras, akankah sekolah dibubarkan atau justru saat itu menjadi saat paling tepat untuk memikirkan alternatif lain.  Dan nampaknya, Tuhan memang mempunyai rencana lebih baik terhadap Sang Timur. Para pemerhati pendidikan bergerak sangat cepat dan tanggap untuk membantu menentukan lokasi yang nantinya dapat mendukung kegiatan belajar dalam suasana yang kondusif. Seiring dengan dipikirkannya membangun gedung sekolah yang baru, Tuhan mengirimkan begitu banyak siswa untuk di didik di SDK Sang Timur Taman Modern Cakung.

Dan jadilah demikian, gedung yang makin layak pakai dapat berdiri tegak sampai saat ini sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat lebih dioptimalkan. Dalam perjalanan menemukan jati diri terhadap pelayanan pendidikan, Sang Timur Taman Modern Cakung berusaha merumuskan visi, misi dan tujuan yang paling tepat untuk konteks masyarakat dan gaya hidup orang tua siswa SDK Sang Timur Taman Modern Cakung. Sudah pasti visi, misi dan tujuan yang terumus hanya akan tinggal menjadi rumusan jika dalam perjalanan panjang kehidupan pendidikan, visi misi dan tujuan tidak pernah direfleksikan dan senantiasa diperbaharui.

SDK Sang Timur Taman Modern Cakung berdiri pada tahun 1996, masih menggunakan Ruko Taman Modern Jl. Anyelir Blok A. Pada tahun 1998 pindah ke Jalan Sakura Blok E, kemudian pada tahun 1999 menempati rumah di jalan Anyelir II Blok A1 No. 17. Setelah pindah beberapa kali akhirnya SDK Sang Timur mempunyai gedung sendiri yang terletak di Jalan Seruni Blok D1 No 8A.

Gedung  SDK Sang Timur dibangun pada tahun 1998, dengan luas tanah 3.779 m2 dan  luas bangunan 2.889 m2. SDK Sang Timur Taman Modern Cakung berada di bawah naungan Yayasan Karya Sang Timur, memiliki 6 kelas atau rombongan dengan 3 paralel. Status SDK Sang Timur Cakung Swasta Katolik.

Pada mulanya sekolah SDK Sang Timur Cakung belum memiliki gedung sekolah sendiri. Tanggal 16 Juli 1998, menempati sebuah rumah yang berlokasi di Blok E Taman Modern Cakung yang dikepalai oleh Sr Florentina PIJ selaku Kepala Sekolah pertama SDK Sang Timur di Cakung dan dibantu oleh 4 guru yaitu: Ibu C. Sri Suyati, Bapak Pudi, Bapak Sigit dan Sr Bernada PIJ. Jumlah siswa di awal tahun pelajaran 1997/1998 berjumlah 50 siswa terdiri dari kelas I berjumlah 33 siswa dan kelas II berjumlah 17 siswa. Pada waktu itu, selaku Ketua Yayasan Perwakilan Sang Timur Jakarta-Banten adalah Sr. Serafina PIJ.

Di bulan Juli 1999 sekolah dipindahkan ke Blok A Taman Modern Cakung yang dikepalai oleh Sr Ursula PIJ. Pada bulan Juli 2000 gedung baru SDK Sang Timur Cakung sudah selesai dibangun, sekolah dipindahkan ke gedung yang baru yang terletak di Jl. Seruni Blok D1 No. 8A Taman Modern Cakung. Tanggal 23 Agustus 2000 gedung SDK Sang Timur Cakung diresmikan oleh Julius Kardinal Darmaatmadja, SJ selaku Uskup Agung Jakarta.

SDK Sang Timur Cakung berdiri pada tanggal 16 Juli 1998 dengan Piagam (Tanda Bukti Pendirian Sekolah) Nomor: P 4694/YKST/SD/I/05 Berdasarkan Akta Pendirian Yayasan Karya Sang Timur Pusat di Malang.

Nomor             : 17 tanggal 14 April 2000

Nomor             : 7 tanggal 12 Maret 2003

Nomor             : 42 tanggal 24 September 2004

Nomor             : 22 tanggal 23 Januari 2016

Dengan piagam tersebut, sekolah berdiri di bawah naungan Yayasan Karya Sang Timur yang berada di:

Alamat Pusat               : Jl. Mayjend. Panjaitan No. 1 Malang, Jawa Timur

Alamat Perwakilan      : Jl. Karmel Raya 2 Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Sekolah ini, menempati lokasi di Jl. Seruni Blok D1 No. 8A Taman Modern, Cakung, Jakarta Timur Kode Pos 13960.

Sejak berdirinya SDK Sang Timur Cakung terakreditasi A dan di tahun 2016 mendapat nilai 98,00 dikarenakan sarpras mendapat nilai 100 sedangkan standart pendidikan yang lain hampir mencapai nilai 100